TXT Universe #1 'Questioning Film - What do you see?’ - 수빈 (SOOBIN)

Saturday, May 02, 2020



Hello, there!

Kali ini, saya akan mencoba mendalami universe dari Tomorrow by Together (TXT). Sebagai saudara dari BTS, tentu TXT juga memiliki universe-nya sendiri. Bahkan, banyak yang berteori bahwa Bangtan Universe (BU) dan TXT Universe (TU) akan berhubungan satu sama lain.


Sumber: YoutTube/Big Hit, edited by me
To be honest, saya sudah sempat menonton explained video untuk TU. Akan tetapi, akhirnya saya putuskan untuk menonton ulang seluruh konsep TU dari awal. Sebetulnya, saya ingin juga membahas BU. Permasalahannya, saya sudah telanjur menonton Summary + Explained Video dari BU. Jadi, saya tidak bisa menuliskan initial reaction saya setelah menonton potongan jalan cerita BU dari awal.

Maka dari itu, saya putuskan untuk mengulas TU dari awal.

Untuk menjalankan misi ini, maka saya pun menyelami artikel TU di TXT Fandom. Dari sini lah saya tahu bahwa ada sejumlah hal yang harus saya perhatikan dari awal.

Sebelum debut, konten dari TU telah disajikan oleh Big Hit Entertainment. Hal ini bermula dari Pre-debut Photo yang dilampirkan--anyway, berhubung saya telanjur menonton explained video, maka saya tahu bahwa foto dari anggota TXT ini meyimbolkan peran mereka di MV Nap of a Star.

Berikut merupakan foto pre-debut dari TXT.

Yeonjun. Sumber: Kpopping
Soobin. Sumber: Kpopping
Hueningkai. Sumber: Kpopping
Taehyun. Sumber: Kpopping
Beomgyu. Sumber: Kpopping
Sebetulnya, kalau dilihat sekilas, tak ada yang istimewa dari foto-foto tersebut. Akan tetapi, kalau dihubungkan dengan Nap of a Star, bagaimana cara masing-masing member memegang bunga ternyata memiliki arti tersendiri--nanti akan saya bahas di pembahasan MV Nap of a Star.

Yang pasti saya tidak bisa membayangkan bagaimana dulu BU dimulai. Apakah Big Hit juga melakukan metode yang sama di awal BU disusun? Dalam artian, setiap foto, produk, ataupun hal lainnya, bisa begitu berarti untuk keseluruhan storyline. 

Tampaknya, Big Hit memang ahli dalam mengikat para penggemar terhadap masing-masing grup yang mereka asuh.

What do you see in Soobin?

Kali ini, saya akan mengulas film pendek TXT pertama yang berjudul 'Questioning Film - What do you see?' - Soobin. 

Kalian bisa menonton filmnya di sini:
Sebagai video perkenalan, tentu film pendek ini berfokus pada Soobin. Akan tetapi, yang terus saya perhatikan adalah bagaimana bunga selalu menjadi elemen penting dalam TU. Kalau kita lihat dari foto pre debut, hingga film pendek untuk Soobin ini, maka bunga tetap menjadi elemen penting.

Saya memang tidak tahu jenis bunga apa yang digunakan, dan apakah jenis bunga ini berpengaruh pada jalannya storyline. Akan tetapi, saya langsung bisa mengenali cara Soobin memegang bunga--sekali lagi saya menyadari hal ini karena saya sempat menonton salah satu explained video. Ternyata, cara Soobin tersebut berkaitan langsung dengan apa yang terjadi padanya di MV Nap of a Star. 


Sumber: YouTube/Big Hit
Tidak hanya itu, di bagian akhir, ada bebunyian yang saya pastikan merupakan kode morse. Memang awalnya terdengar sebagai bunyi biasa yang mungkin tanpa arti, akan tetapi setelah saya berusaha mendengarkan lebih lanjut, saya berhasil memecahkan kode morse tersebut.

Kalau saya tak salah, seharusnya kode morse yang terlampir dalam film pendek Soobin adalah sebagai berikut:

[ --/---/--/---/.-./.-./---/..- ]

Arti dari kode morse tersebut adalah tomorrow. Kemungkinan besar, apabila seluruh kode morse yang terlampir disambungkan, maka akan terbentuk kalimat utuh. Ini asumsi sementara saya karena saya belum menonton film selanjutnya.

Sebetulnya, setelah sebelumya saya menonton Nap of a Star, saya berksesimpulan bahwa TXT Universe memiliki storyline yang lebih dreamy bila dibandingkan dengan Bangtan Universe. Meskipun sama-sama melibatkan unsur fantasi di dalamnya, saya meyakini TXT Universe akan lebih surreal dibandingkan Bangtan Universe yang jauh lebih realistic.

Sekian ulasan saya kali ini. Sampai jumpa di pembahasan saya selanjutnya.

Sincerely,
Puji P. Rahayu

You Might Also Like

0 comments

Blogger Buku Indonesia

Blogger Buku Indonesia

#BloggerPerempuan

Blogger Perempuan